Cara Menjual Kerajinan Tangan Secara Online Dan Offline

Kerajinan tangan merupakan hasil kreativitas yang mempunyai nilai jual tinggi, tergantung dari proses pembuatannya. Ada yang mudah dan ada juga yang rumit bahkan sampai membutuhkan waktu berhari hari untuk membuat satu buah produk.

Oleh karena itu, karya cipta anak bangsa ini harus bisa dikenal di seluruh Indonesia.

Saya pernah mendengar sebuah cerita, ada seorang pengrajin batok kelapa yang berhasil mengeolah batok kelapa tersebut menjai berbagai macam tas. Lalu setelah jadi, beliau membawa keliling kampung dan di jual dengan harga yang sangat murah, hanya 25 ribu rupiah.

Namun ternyata tidak banyak yang mau membeli produknya. 2 bulan berjalan, akhirnya beliau ketemu dengan keponakannya yang kebetulan di bidang IT.

Keponakannya tersebut menawarkan jasa untuk menjual secara online.

Apa yang terjadi ?

Tidak sampai 3 bulan produk Tas Batok Kelapa ini laris manis bak kacang goreng. Padahal di jual dengan harga yang lebih tinggi.

Sampai saat ini , beliau kebanjiran pesanan dari seluruh Indonesia.

Nah……

Pada tulisan kali ini, UKM INDONESIA mencoba memberikan sedikit penjelasan mengenai cara menjual berbagai hasil kerajinan tangan baik secara online maupun secara offline

I.Cara Menjual Hasil Kerajinan Tangan Secara Offline

Langkah menjual kerajinan tangan secara offline yang sering dilakukan orang adalah :

  • Membuka toko. Dengan adanya toko maka akan memudahkan orang untuk melihat hasil kerajinan tangan anda. Pilih tempat yang strategis untuk membuka toko. Namun jika keuangan anda belum mencukupi, anda bisa buka toko di rumah saja. Yang penting promosinya onlinenya di maksimalkan sehingga orang bisa mengenal usaha anda.
  • Mengikuti pameran. Banyak sekali keuntungan anda mengikuti pameran. Biasanya dalam suatu acara pameran ramai di kunjungi oleh berbagai orang. Kalau memang kerajinan tangan anda bagus maka mereka akan membelinya bahkan bisa sampai menjadi langganan.
  • Promosi di koran koran lokal. Promosikan hasil kerajinan tangan anda di koran koran lokal anda tinggal. Ini merupakan salah satu cara yang efektif menjual produk secara offline

 

II.Cara Menjual Hasil Kerajinan Tangan Secara Online

Pahamilah, menjual produk secara online sebenarnya jauh lebih menguntungkan dan meningkatkan penjualan anda lebih banyak lagi.

Asal tahu caranya ……..

Bagi anda yang masih bingung tentang bagaimana ya caranya menjual secara online maka ikuti terus tulisan ini.

Saya akan beritahu rahasianya …………

Tapi jangan bilang siapa siapa ya ?

Oke …….

Kita lanjut ke pembahasan cara menjual produk secara online

A. Menjual Produk Di Bukalapak.com

Bukalapak.com merupakan salah satu marketplace anak bangsa yang memberikan kebebasan kepada siapapun untuk menjual produk. Manfaatkan wadah ini untuk menjual hasil karya anda kepada semua rakyat Indonesia. Caranya sangat gampang kok….kunjungi www.bukalapak.com dan klik register. Lalu isi data data anda dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Siapkan email dan rekening bank untuk mencairkan hasil penjualan anda.

 

B.Menjual Produk Di Tokopedia.com

Selain bukalapak, tokopedia juga meruakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Pelanggannya saja sudah mencapai ratusan ribu orang dengan penjualan mencapai milyaran per harinya.

Silahkan kunjungi www.bukalapak.com dan klik register.

 

C.Menual Produk Di Qlapa.com

Marketplace yang satu ini memang spesial menjadi wadah untuk hasil kerajinan tangan. Kalau memang produk anda merupakan hasil kerajinan tangan dan layak jual. Silahkan mendaftar di qlapa.com.

Buka tokomu disana, sebab banyak sekali pembeli di qlapa yang memang mencari hasil kerajinan tangan anak bangsa.

 

 

D.Menjual Produk di Craftline.co.id

Craftline.co.id merupakan salah satu marketplace asal surabaya. Berdiri sejakt tahun 2014, craftline sudah memiliki 600 produk anak bangsa yang semuanya merupakan hasil kerajinan tangan sendiri.

 

E. Menjual Produk di Kuka.Co.Id

Kuka didirikan tahun 2015, sampai saat ini kuka sudah bekerja sama dengan 500 an pengrajin Indonesia. Saat ini informasi yang kami dapat, penjualan kuka adalah sekitar 60 jutaan per harinya. Lumayan ya. Segera daftarkan produk anda di kuka

 

F. Menjual Produk di Toko Online Milik Sendiri.

Dari sekian banyak marketplace, penting juga memiliki toko online sendiri jika anda memang berniat menjual dalam jangka panjang.

Sebab dengan adanya toko online pribadi, maka anda membangun brand image produk anda. Percayalah, toko online ini sangat penting untuk anda miliki sendiri.

Kelola bisnis anda secara profesional, sebarkan sebanyak mungkin di berbagai marketplace Indonesia.

Jangan lupa untuk berpromosi juga di berbagai jejaring sosial dan website website yang menurut anda memang cocok untuk mempromosikan produk anda. Misalnya di website UKM INDONESIA

Mudah mudahan dalam jangka waktu 2 tahun kedepan anda sudah menikmati hasilnya.

Salam hormat dari kami

UKM INDONESIA

Mohon bantu share info ini kepada teman teman anda, siapa tahu mereka mebutuhkannya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter Captcha Here : *

Reload Image

UKM INDONESIA